Sunday, February 7, 2010

Facebook.com - Mark Zuckerberg

6:43 PM | ,

Mark Zuckerberg lahir pada tanggal 14 mei 1984, dia memulai mengembangan Facebook pada saat dia masih menjadi mahasiswa di Universitas Harvard, dia merupakan seorang pencinta komputer yang sebelumnya pernah mengembangkan “Smart” mp3 player di sekolah SMAnya terdahulu, Zuckenberg pernah ditegur oleh bagian managemen Harvard karena pernah mengoperasikan sebuah situs rating dengan menggunakan foto-foto mahasiswa dan mahasiswi Harvard dengan nama domain “HotOrNot.com”, tetapi setelah itu foto tersebut digunakan untuk keperluan Facebook.com dengan maksud memperkenalkan antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya .

Pada bulan Februari 2004, Zuckerberg memulai facebook dengan nama “The Facebook” yang memiliki sistem sebagai social network layaknya MySpace berbeda dengan situs sebelumnya, saat ini pengguna Facebook dapat membut akun, dan di akhir bulan, lebih dari setengah mahasiswa Harvard bergabung di “The Facebook”, dengan segera Zuckerberg memperluas kecepatan layanannya, dan setelah itu pada musim semi ditawarkanlah Facebook ke sekolah “Ivy League” dan selanjutnya mengikuti beberapa sekolah lainnya. Setelah itu dibuatlah situs Wirehog dengan fungsi sebagai situs filesharing untuk pengguna facebook, and diakhir tahun 2004, Facebook telah memiliki lebih dari 1 juta pengguna terdaftar.

Penghasilan Facebook dari jasa beriklan memudahkannya untuk mendapatkan modal, dan kemudian Zuckerberg dan rekannya memutuskan untuk membeli domain Facebook.com dari pemilik sebelumnya, dan menghilangkan kata “The” pada nama domain “The Facebook”. Semakin hari Facebook semakin ramai dikunjungi pengguna internet, selain itu facebook semakin terbuka pula kepada mahasiswa dari universitas lain, dan di tahun 2006 facebook membuka jaringan baru bagi para murid tingkat atas (SMA), sejak musim panas di tahun 2006, facebook menjadi situs yang terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung.

Dan setelah itu facebook masuk menjadi pasar saham yang dimana situs tersebut diminati oleh perusahaan Microsoft yang menanam saham sebesar 1.6 % atau sebesar 240 juta dollar di bulan oktober 2007.

Setelah itu Zuckerberg berpindah ke Palo Alto untuk mengoperasikan Facebook secara full time, dan mengambil absen ketidak hadiran dari universitas Harvard, saat ini kantor facebook menempati 4 bangunan di pusat kota.

0 comments: